Minggu, 22 November 2020

Manfaat Membaca dan Menulis




Kamu anti buku? Kenapa? Membosankan dan Melelahkan? Atau tidak ingin dibilang kutu buku? Sepertinya kamu harus mencoba menghilangkan pemikiran-pemikiran yang seperti itu kalau tidak ingin rugi. 

Di era serba praktis seperti sekarang ini, buku tidak hanya diterbitkan oleh media cetak saja. Ada banyak buku-buku digital yang sudah terbit dan dijual secara online. Sangat menyenangkan bagi kamu yang suka membaca tapi tidak mau repot-repot membawa buku ke mana saja. 

Ada satu lagi kegiatan yang juga mengasyikkan. Jika ada yang membaca, tentu saja pasti ada yang menulis. Kita bisa berbagi informasi dan juga ilmu kepada para pembaca. Serta menuangkan apa yang ada di pikiran kita dalam bentuk karya tulis tergantung dari tema dan juga jenis tulisannya.

 Kedua kegiatan itu penting untuk dilakukan. Berikut ini akan saya jelaskan beberapa alasan pentingnya membaca dan menulis.



a. Alasan pentingnya membaca :

1. Wawasan yang semakin meluas

 Semua yang kita baca secara otomatis akan masuk ke dalam otak kita. Semakin banyak kita membaca, maka akan semakin banyak pula ilmu yang bisa kita serap. Ilmu itulah yang suatu saat nanti akan berguna dalam hidup kita.

2. Mengurangi stress

Terkadang aktivitas-aktivitas yang kita jalani di luar sana bisa membuat otak kita merasa terbebani dan lelah.
Rupanya, kegiatan membaca juga bisa mengurangi stress. Penjelasannya, setiap rangkaian kata yang kita baca bisa mengurangi ketegangan otot dan juga jantung kita. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih rileks dan stress perlahan-lahan berkurang.


3. Menstabilkan suasana hati

Ketika suasana hati kita sedang sedih atau galau, cobalah untuk membaca buku yang bertema bahagia. Karena, dengan membaca buku maka pikiran kita akan beralih pada apa yang kita baca. Dengan begitu, ingatan kita tidak akan terlalu fokus dengan apa yang membuat hati kita bersedih.

4. Pengetahuan kosakata yang semakin banyak

Ada banyak ribuan kata di dunia ini. Terkadang, ada saja kata yang kita tidak tahu apa maknanya. Dengan kita banyak membaca, maka jumlah kosa kata yang bisa kita kumpulkan akan semakin banyak.

5. Meningkatkan kekuatan memori

Mereka yang suka membaca, mengurangi resiko terkena penyakit pikun seperti alzheimer ataupun demensia. Karena, ketika kita membaca secara tidak sadar kita dituntut untuk terus mengingat isi dari buku yang telah kita baca.

6. Berpikir kritis dan analitis

Pernah membaca novel kan? Kita pasti pernah berhasil menebak akhir cerita dalam novel itu sebelum selesai membacanya. 
Itu artinya, otak kita telah terbiasa berpikir kritis dan analitis dengan cara menganalisa setiap detail dari informasi yang disampaikan dari novel tersebut.

7. Meningkatkan konsentrasi

Jika kita terbiasa membaca, berarti otak kita terbiasa fokus pada satu hal. Dalam hal ini, kita terbiasa fokus pada rangkaian isi yang ada dalam buku yang kita baca.
Jika kita membutuhkan fokus yang tinggi, cobalah membaca buku selama 20 sampai 30 menit terlebih dahulu. Kita akan lihat seberapa bagusnya tingkat konsentrasi kita pada apa yang sedang kita fokuskan setelahnya.

8. Relaksasi

Jika sedang membaca buku, kita hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk melepaskan sejenak permasalahan yang terjadi di hidup kita. 
Membaca buku dapat meningkatkan kinerja otak untuk memproduksi hormon-hormon yang berfungsi untuk menumbuhkan rasa bahagia, seperti serotonin, dopamin, endorfin. 
Jika otak sudah rileks, maka kita bisa menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi dengan baik.

9. Meningkatkan kemampuan menulis

Membaca hasil tulisan orang lain dapat mempengaruhi kualitas hasil tulisan kita sendiri. Tentunya menjadi lebih baik dari sebelumnya,  dengan cara mengamati tulisan orang lain mulai dari gaya penulisannya bahasa yang dipakai dan lain-lain. Jadi kita lebih tahu bagaimana cara menulis yang baik.

10. Kualitas tidur yang baik

Ketika kita membaca, pikiran kita seolah-olah seperti masuk ke dalam isi bacaan tersebut. Ketika kita mulai asyik, otomatis otak kita akan rileks sehingga dapat bersantai dengan baik. Karena itu, ketika kita membaca sebelum tidur, kita akan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

11. Membuka Pola Pikir Kita

Menambah pengalaman dan meluaskan wawasan juga dapat membuka pola pikir kita. Kita bisa mendapatkannya dengan cara apapun. Bisa dengan mengalaminya langsung, pengalaman orang lain, menonton atau bahkan dengan membaca.
Ketika kita menggunakan imjinasi saat membaca, maka secara otomatis pikiran kita langsung tertuju pada apa yang tertulis di sana sehingga seolah-olah kita yang mengalaminya.
Ingat masa depan juga tergantung dari bagaimana cara kita berpikir.



b. Alasan pentingnya menulis :

1. Menulis sangat berguna bagi orang lain

Apapun yang kita tulis, terkadang bisa memotivasi orang lain dan juga membuka pola pikir orang lain ke arah yang lebih baik.
Tulisan-tulisan dalam bentuk apapun seperti buku, koran, majalah, blog, web dan sebagainya, berisi tentang informasi-informasi yang bisa dibagikan kepada para pembacanya.

2. Proses pengembangan diri

Menulis bukan hanya sebagai alat pembuktian. Tapi juga bisa sebagai sarana pengembangan diri.
Kita baca kembali hasil tulisan kita terdahulu sampai yang terakhir kali. Kita akan melihat bagaimana perkembangan kemampuan menulis kita dari waktu ke waktu. Lihat kekurangan dari semua hasil tulisan kita. Semakin kita berusaha memperbaiki, maka kemampuan kita akan mengalami perkembangan.

3. Menambah pendapatan

Saat ini banyak media yang dapat kita manfaatkan untuk menjual hasil karya tulis kita. Tinggal kita pilih jenis tulisan seperti apa yang kita kuasai. Dengan begitu, kita bisa menyelesaikan setiap tulisan tanpa adanya hambatan . Ketika tulisan kita berhasil terjual, maka pundi-pundi uang akan masuk ke kantong kita.

4. Hobi tersalurkan

Hobi menulis itu sangat menyenangkan. Karena, dengan menulis kita bisa lebih rileks, bisa menuangkan apa yang ada dalam hati dan pikiran kita. Memberi kepuasan tersendiri saat orang lain terbuai oleh hasil karya tulis kita.

5. Meningkatkan konsentrasi

Sama dengan pentingnya membaca, ternyata menulis juga dapat meningkatkan konsentrasi. Dengan menulis, otak kita dilatih untuk fokus pada satu hal. Selain itu, otak kita juga dilatih untuk menyelesaikan permasalahan satu per satu, dan tetap konsisten untuk mencapai apa yang kita harapkan. Dalam hal ini, keinginan untuk menyelesaikan hasil tulisan dengan baik dan memperoleh hasil yang maksimal.

Sampai hari ini masih banyak orang yang beranggapan bahwa  membaca dan menulis adalah aktivitas yang sangat tidak penting dan juga melelahkan. Tapi anggapan itu salah karena pada kenyataannya membaca dan menulis adalah kegiatan yang sangat bermanfaat.
 Beberapa penjelasan yang saya sebutkan diatas mengenai pentingnya membaca dan menulis, hanyalah sebagian dari sekian banyak manfaat yang kita peroleh jika kita rajin membaca dan menulis. 

Kunjungi Informasi Menarik lainnya disini

34 komentar:

  1. Bermanfaat banget infonya, tulisannya juga enak dibaca. Jangan lupa kunjungi blog ak juga ya https://kukuhmovie.blogspot.com/?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, lain kali mampir lagi ya 😁

      Hapus
  2. Saya sudah berkunjung.

    Terima kasih atas kunjungannya. Lain kali mampir lagi ya? 😁

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat, semoga banyak generasi anak muda yang gemar membaca

    BalasHapus
  4. bermanfaat sekali kak. terima kasih sudah berkunjung.

    anabintang12.com

    BalasHapus
  5. Memang menulis dan membaca itu aktivitas satu paket yang asyik, menurutku. Manfaatnya terasa, apalagi soal konsentrasi. Semangat nulis artikel lainnya ya kak, bagus!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak sudah berkunjung di blog ini dan juga memberi semangat kepada saya 😊

      Hapus
  6. Balasan
    1. Sudah saya visit back ya, Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini 😁

      Hapus
  7. Mantap..

    Visit back ya
    https://parpining.blogspot.com/2020/11/beda-antar-investment-trading-insurance.html?m=1

    BalasHapus
  8. Boleh. Terima kasih ya sudah berkunjung 😊

    BalasHapus
  9. emang dari membaca kita bisa mengetahui Banyak hal... sudah terasa manfaatnya bagi diriku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitu lah, memang manfaatnya banyak dan terasa πŸ˜€

      Hapus
  10. membaca memang membosankan bagi sebagian kalangan,bacalah yang sesuai dengan genre masing masing agar tidak terasa bosan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar juga sih. Baca sesuai dengan genre masing-masing. Insya Alloh lama-lama jadi suka baca buku. Tapi bacanya jangan berlebihan. Nanti udah keasyikkan baca buku malah ngelupain aktivitas lain, kan ngga baik.

      Tapi alangkah lebih baik juga kalau bacanya buku yg berilmu. πŸ˜€

      Terima kasih ya sudah berkunjung ke blog iniπŸ˜€

      Hapus
  11. Bermanfaat kak..
    Saran aja sih ko kalo di mata saya liat font sama warna tulisannya agak pusing yah..

    BalasHapus
  12. tanaman yang menjanjikan masa depan bisa dibaca juga kak, btw menulis dan membaca saling terkait, kalau ingin jadi penulis yang baik tentunya harus jadi pembaca yang baik dulu...terima kasih ilmunya kakak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke sama2,
      Tanaman yang menjanjikan masa depan sudah saya baca ya?
      Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus