Selasa, 17 November 2020

Si Hitam Manis

 


Tampaknya kopi hitam sudah memiliki tempat tersendiri di hati para penikmatnya. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang mengkonsumsi dan menjadikan aktivitas meminum kopi hitam sebagai rutinitas setiap hari.

Mengobrol dengan teman atau keluarga akan terasa lebih lengkap apabila ada kopi. Apalagi jika dinikmati di musim yang dingin.

Selera penyajian kopi hitam setiap penikmat kopi itu berbeda-beda. Ada yang suka kopi yang manis, ada yang suka pahit, ada yang suka medium, ada yang suka menyajikan dengan air yang panas, hangat ataupun dingin. Ya itu sih terserah masing-masing. Karena selera setiap orang berbeda-beda. 

Seringkali kita setiap pulang kerja pasti merasa lelah, stress. Nah, pas banget tuh. Istirahat sambil minum kopi, berasa lagi relaksasi.

Tau nggak sih? Kafein dalam kopi itu ternyata memiliki banyak manfaat loh, diantaranya adalah

Mencegah kanker kulit Melanoma Maligna


Pernah mendengar apa itu Melanoma Maligna? Mungkin pernah mendengar, tapi tidak tahu apa maksudnya. 

Melanoma Maligna atau yang biasa disingkat MM adalah salah satu dari jenis penyakit kanker kulit yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. 

Melanoma Maligna dapat disebabkan karena sering terpapar sinar ultraviolet, riwayat keluarga yang pernah menderita penyakit ini, kekebalan tubuh yang lemah, memiliki xeroderma pigmentosum, dan lain sebagainya.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit MM adalah bercak kecoklatan seperti tahi lalat yang muncul pada kulit. Bercak ini berbeda dari tahi lalat yang biasanya. Karena bentuk, ukuran dan warnanya bisa berubah. Terasa gatal bahkan bisa sampai berdarah. 

Kafein yang ada di dalam kopi mampu menekan enzim ATR dan juga mematikan sel-sel yang telah rusak karena sering terkena paparan sinar ultraviolet.

Nah, jika  kita sering minum kopi dengan memiliki kandungan kafein, semakin rendah resiko untuk menderita penyakit ini. 

Meningkatkan daya ingat


Sebagian orang beranggapan bahwa kafein dapat mendatangkan penyakit dan juga dapat menyebabkan kesulitan tidur (insomnia). Meski begitu, kafein akan memberikan manfaat yang bagus apabila mengkonsumsinya dengan cara yang benar dengan dosis yang tepat serta tidak memiliki alergi terhadap kafein.

Ketua peneliti Michael Yassa dari University of California mengungkapkan bahwa kafein memberikan efek pada manusia. Proses mengingat menjadi lebih permanen dan sulit untuk dilupakan.

Terhindar dari penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang berbahaya karena dapat melumpuhkan pikiran seseorang sehingga bisa mengganggu kegiatan sehari-hari penderitanya.

Pada penderita penyakit Alzheimer, proses produksi cairan di otak dan juga sirkulasi darah akan menjadi berkurang. Akan tetapi, kafein mampu meningkatkan produksi cairan dan juga sirkulasi darah di otak. Dengan begitu, otak kita akan terhindar dari penyakit Alzheimer. 

Selain mampu mencegah penyakit Alzheimer, kafein juga dapat mencegah penyakit pikun lainnya, seperti Demensia dan juga Parkinson.

Mencegah penyakit jantung

Kopi hitam tanpa gula ternyata mengandung kromium dan magnesium di dalamnya. Dimana kedua zat ini dapat berperan sebagai antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk menurunkan mikro molekul partikel lemak yang bisa saja nanti menjadi plak di dalam jantung. 

Lalu, berapakah porsi yang aman untuk mengkonsumsi kafein? Dua ahli biologi Joachim Altschmied dan Judith selaku peneliti dari University of Dusseldorf  mengatakan empat cangkir kopi dalam sehari adalah porsi maksimum bagi orang dewasa yang sehat jasmani dalam mengkonsumsi kopi.

Mengontrol Berat Badan

Kafein dalam kopi mampu meningkatkan proses produksi thermogenesis, sehingga kalori yang terdapat dalam tubuh kita perlahan-lahan akan terbakar. Berat badan kita akan menurun seiring dengan berkurangnya jumlah kalori yang ada di dalam tubuh.

Selain berfungsi sebagai pembakar kalori, kafein juga berfungsi untuk menekan nafsu makan. Rasa asam yang terdapat dalam kopi inilah yang menyebabkan selera makan kita menjadi berkurang. Ini efektif bagi kita yang sedang menjalani program diet. Tapi tetap sesuai takaran ya? Karena terlalu banyak kafein bisa menyebabkan sistem pencernaan kita terganggu. 

Mengkonsumsi kopi memang banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Namun jangan sampai kita terlena ya? Konsumsi sesuai dengan takaran yang tepat supaya terhindar dari efek-efek negatif yang timbul karena berlebihan kafein. Ingat!! Kita tetap harus memperhatikan dan menjaga kondisi kesehatan tubuh kita. 


Kunjungi Informasi Menarik lainnya disini

10 komentar:

  1. Halo kak... Semoga sehat selalu... Saya punya saran untuk Kaka... Akan lebih Baik kaka ganti template blogger nya dengan yang lebih menarik.. karena template yang menarik akan membuat pembaca nyaman dan tertarik dan tentu akan meningkatkan kualitas blog kaka juga... terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya iya, makasih atas sarannya 😁

      Hapus
    2. Oh iya, dan terima kasih juga udah mau berkunjung 😁

      Hapus
    3. Halo kak, dunia kode, yuk berkunjung juga ke blog saya, baru pemula kak..
      nandsy.com kak.
      Thank you

      Hapus
  2. Artikel nya bagus kak banyak ilmu yang dapat di serap dari artikel kakak semoga blog nya semakin sukses ya kak,

    BalasHapus
  3. Bagus nih artikelnya, ternyata kopi manfaatnya banyak juga ya, hehe

    BalasHapus
  4. Ya, memang banyak. Itu yang aku tulis baru beberapa 😀 Yang penting sih minumnya jangan berlebihan

    BalasHapus