Sabtu, 28 November 2020

Khasiat Tanaman Herbal

 


Tahukah kamu kalau ternyata tumbuhan yang sering kamu lihat di pinggir jalan dekat rumahmu itu ada yang memiliki khasiat tinggi?  Atau kamu mengira bahwa tumbuhan itu hanyalah tanaman pengganggu yang tidak bermanfaat?

Eits !!  jangan salah. Ternyata ada banyak tumbuhan gulma yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita loh. Hanya saja kita yang tidak menyadari. Ada yang berfungsi sebagai penawar penyakit, ada pula yang berfungsi sebagai pencegah penyakit.

Berikut akan saya sebutkan 5 tumbuhan yang ternyata khasiatnya patut diacungi jempol.


Cekidot !!!


1. Meniran

Daun meniran mempunyai nama latin Phyllanthus Urinaria (jika batangnya berwarna hijau), dan Phyllantus Niruri (jika batangnya berwarna pucat). Seringnya kita jumpai di pinggiran jalan dan juga persawahan dekat rumah kita. Memang belum banyak yang tahu kalau ternyata daun meniran ini memiliki khasiat yang patut diacungi jempol, diantaranya adalah menurunkan gula darah, mengobati rematik, bersifat antibakteri, mengobati penyakit kuning, menjaga kesehatan hati, mencegah penyakit batu ginjal, mengusir penyakit kulit (lepra dan juga herpes zoster), dan lain sebagainya.


2. Songgo Langit


Namanya keren ya? Manfaatnya juga keren.

Tanaman yang berasal dari Amerika Tropis ini berfungsi sebagai obat analgesik dan juga obat anti inflamasi. Terkadang kita jumpai di tepi jalan atau di tempat yang berpasir. Walaupun digolongkan sebagai tanaman gulma, tapi bagian daunnya bisa kita manfaatkan sebagai obat loh. Caranya dengan direbus, nah air rebusannya itu yang diminum.

Kalau diluruskan tinggi batangnya kurang lebih 50 cm, sebab tubuhnya itu meliuk-liuk kesana-kesini, alias bengkok-bengkok. Bunganya memiliki kelopak berwarna putih, tapi di bagian tengahnya berwarna kuning. 

Daun songgo langit mengandung 3 unsur kimia alami, diantaranya adalah flavonoid tanin, saponin tanin dan juga flavonoid saponin. Selain itu tanaman ini juga mengandung kalium, kalsium dan magnesium. 

Setelah mengetahui kandungan-kandungannya, tidak heran kalau daun songgo langit memiliki banyak khasiat, diantaranya seperti menjaga kesehatan tulang, mengurangi kadar asam urat, meningkatkan stamina, meredakan bengkak di area persendian, mengobati penyakit ( osteoartritis, artritis rematoid, artritis gout, rematik dan lain-lain ). 


3. Daun Gedhi


Di daerah Sulawesi Utara daun ini sering dijadikan bahan masakan. Daunnya panjang kurang lebih 10 sampai 40 cm, bertulang, serta menjari hampir mirip dengan daun singkong. 

Selain bisa dijadikan bahan masakan, daun gedhi juga bisa kita manfaatkan sebagai salah satu obat herbal, karena mengandung senyawa yang tentunya penting untuk kesehatan tubuh kita.

Senyawa penting yang terkandung dalam daun gedhi, diantaranya adalah antioksidan, steroid, fenolik, alkaloid, flavonoid.

 Berbagai macam manfaat daun gedhi bagi tubuh kita antara lain, memperlancar haid dan nifas, mengatasi masalah pencernaan, membantu penyembuhan luka luar, merendahkan kolesterol, dan masih banyak lagi.


4. Binahong


Pernah mendengar apa itu daun Binahong? Daun binahong adalah salah satu dari sekian banyak tanaman herbal. Daun ini bisa hidup di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Bentuknya bulat dengan ujung meruncing, bertangkai pendek, permukaannya juga licin. 

Kandungan yang ada dalam daun binahong diantaranya adalah flavonoid, alkaloid, tanin, triperpenoid, steroid, saponin. Manfaat dari daun binahong yang bisa kita peroleh diantaranya adalah menurunkan gula darah, mencegah kanker, mengurangi kolesterol, menurunkan tekanan darah, menyembuhkan luka, dan lain-lain.


5. Daun Sirih


Pasti sudah banyak yang tahu kan kalau daun sirih merupakan salah satu obat herbal? Tapi apakah kamu juga sudah tahu apa saja kandungan dan juga manfaat dari daun ini? 

Ternyata daun sirih juga tidak kalah khasiatnya dari daun herbal yang lain. Daun ini terkenal memiliki sifat antiseptik, anti inflamasi, dan juga pendingin kulit. Selain itu daun sirih mempunyai beberapa kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, diantaranya meliputi, betlephenol, kavikol, seskuiterpen, hidroksikavikol, cavibetolm estragol, eugenol, karvakrol, enzim diastase, gula dan tanin.

Berbagai macam manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun sirih diantaranya, menghentikan darah mimisan, menekan tekanan darah, menghilangkan bau mulut, sebagai obat batuk, bisa menjernihkan mata dan masih banyak lagi. 



Bagaimana? Menarik bukan? Ternyata ada beberapa tumbuhan yang digolongkan sebagai tanaman pengganggu, namun bisa dijadikan obat herbal ya?

Memang betul sekali semua penyakit sembuh datangnya dari Alloh SWT,  oleh karena itu Alloh SWT menciptakan tanaman-tanaman itu sebagai perantara dariNya. Semoga kita selalu sehat dan juga selalu mendapatkan perlindungan dari Alloh SWT. 

Aamiin Allohumma Aamiin...

 Jika ada yang ingin menambahkan lagi, boleh ditambahkan di bagian komentar. Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfat bagi kita semua. Jangan lupa tetap jaga kesehatan ya?



Kunjungi informasi menarik lainnya disini

14 komentar:

  1. Daun sirih ternyata banyak manfaatnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang, ngga cuma daun sirih aja, yang lain juga masih banyak lagi, tapi cuma segitu yang aq sebutin, kalau disebutin semua mau sampai berapa panjang nih artikel 😀

      Terima kasih sudah berkunjung 😀

      Hapus
    2. Emang yang Alami banyak manfaat

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih 😀
      Dan terima kasih juga sudah berkunjung 😀

      Hapus
  3. Kak cara mengolah tanaman binahong itu bagaimana ?
    Keren kak artikelnya,,,,

    BalasHapus
  4. Kak cara mengolah tanaman binahong itu bagaimana ?
    Keren kak artikelnya,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Alloh di artikel selanjutnya, terima kasih ya

      Hapus
  5. Dulu daun sirih, sering banget buat obatin mimisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga cuma dulu, sekarang juga pasti masih ada yang pakai sirih buat obat mimisan

      Hapus
  6. Sekilas daun gendhi seperti daun singkong ya

    BalasHapus